Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Faktor Resiko Kanker Payudara

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

kanker payudara
Gaya hidup di era yang semakin modern ini membuat manusia semakin jarang bergerak karena sudah digantikan tugasnya oleh komputasi digital sehingga memicu munculnya penyakit penyakit berbahaya tak terkecuali kanker payudara. Di dalam artikel ini akan dibahas beberapa faktor gaya hidup yang menjadi pemicu kanker payudara yang seharusnya dapat diminimalisir.

Pola hidup sehat adalah salah satu cara mencegah kanker payudara yang cukup ampuh, mari kenali faktor dari gaya hidup :
1. Radiasi Sinar Matahari
Faktor lingkungan tidak dapat anda sepelekan, bahkan telah banyak kasus ditemukan penyebabnya adalah paparan lingkungan yang tidak bersahabat dengan jenis kanker ini. Paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama karena lapisan ozon yang semakin menipis akan memicu terjadinya sel kanker, terutama kanker kulit dan tak terkecuali kanker payudara.

2. Implan Payudara
Implan sering ditanam dalam tubuh untuk memperindah bagian tubuh, tak terkecuali pada bagian payudara. Wanita yang menggunakan implan payudara dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang tidak memakainya.

3. Terapi Penggantian Hormon (HRT)
Terapi penggantian hormon (HRT) sering dihubungkan dengan resiko kanker payudara yang menjadi lebih tinggi. Resiko kanker akan terus meningkat jika semakin lama melakukan HRT. Pemakaian HRT untuk membuat hormon kembali normal selama atau lebih dari lima tahun harus di hentikan, penghentian pemakaian HRT merupakan cara mencegah kanker payudara yang paling efektif.

4. Melakukan Pekerjaan Tertentu
Beberapa penelitian telah menunjukkan keterkaitan pekerjaan wanita terhadap timbulnya kanker payudara, misalnya pekerjaan di bar, otomotif, perusahaan manufaktur plastik, dan perusahaan makanan kemasan.

5. Kelebihan Berat Badan
Terkait dengan hormon estrogen dalam tubuh, ternyata menjadi penyebab kanker payudara, terutama seseorang yang mengalami kelebihan berat badan dan telah mengalami menopause lebih beresiko terkena kanker payudara. Hal ini diduga terkait dengan jumlah estrogen dalam tubuh, karena kelebihan berat badan atau obesitas setelah menopause menyebabkan lebih banyak estrogen yang akan diproduksi.

6. Konsumsi Alkohol
Bahaya alkohol salah satunya adalah dapat menjadi penyebab berkembangnya sel kanker, seperti kanker payudara. Sebuah penelitian kanker mengemukakan bahwa setiap 200 wanita yang secara teratur mengkonsumsi minuman beralkohol setiap sehari, terdapat tiga wanita yang terkena kanker payudara, dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali.

Baca juga artikel Obat Herbal Kanker Payudara Penemuan Terbaru.

sumber : www.breastcancer.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *