Fakta Minyak Zaitun atau Olive Oil yang Perlu Anda Ketahui

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Fakta Minyak Zaitun atau Olive Oil – Kepopuleran minyak zaitun sebagai bahan alami yang dapat mempercantik wajah karena kandungan anti oksidan yang dimilikinya dapat mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel. Oleh sebab itu sudah banyak produsen alat kosmetik dan kecantikan yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dasar produk mereka.

Fakta Minyak Zaitun atau Olive Oil

Kira kira apa saja kandungan yang dimiliki minyak zaitun sehingga begitu ajaib? Berikut fakta minyak zaitun dalam bentuk daftar kandungan yang  ada di dalam olive oil atau minyak zaitun sebanyak 100 gram:

  1. Energi: 3701 kJ (885 kcal).
  2. Karbohidrat: 0 g.
  3. Vitamin E: 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa).
  4. Vitamin K: 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa).
  5. Lemak: 100 g.
  • Jenuh < 14 g.
  • Tak jenuh tunggal < 73 g.
  • Tak jenuh ganda < 11 g.
  • Lemak Omega-3 < 1,5 g.
  • Lemak Omega-6 < 3,5 g-21 g.
  • Protein 0 g.

Apabila melihat kandungan dari minyak zaitun di atas ternyata minyak zaitun merupakan salah satu sumber tertinggi dari lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan. Oleh karena itu masyarakat negara Italia yang sejak dahulu kala menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dasar makanan mereka memiliki angka penyakit kolesterol dan jantung yang sangat rendah.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa fakta minyak zaitun sangat baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh dari penyakit kardiovaskular. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun yang telah diolah dalam bentuk masakan sangat mudah untuk dilakukan terutama minyak zaitun yang berjenis extra virgin.

Minyak zaitun dikenal juga dengan sebutan olive oil yang dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tingkat penyaringan dan ekstraksinya. Namun pada artikel ini kita hanya akan membahas minya zaitun dengan kualitas terbaik yaitu extra virgin olive oil. Mari kita simak.

Fakta Minyak Zaitun Extra Virgin atau Olive Oil Kualitas Terbaik

Merupakan minyak zaitun dengan jenis kualitas terbaik karena diambil secara langsung dari buah zaitun segar tanpa proses pemanasan. Tekhnik pemerasan yang dilakukan disebut dengan cold press tanpa campuran bahan lain sehingga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya masih utuh dan alami.

Warna minyak zaitun jenis ini agak kehijauan  dengan aroma dan citarasa yang khas dengan kadar asam di bawah 0,9%. Fakta minyak zaitun extra virgin olive oil sangat baik untuk dikonsumsi secara langsung dengan mencampurkannya ke dalam menu makanan seperti salad dan sayuran yang direbus.

Baca juga informasi tentang Kenali Gejala dan Cara Menyembuhkan Penyakit Kaki Gajah

Selain itu minyak zaitun ini tidak dapat digunakan untuk menumis dan menggoreng karena titik didihnya sangat rendah. Extra virgin olive oil yang benar benar murni dan asli tidak akan mengalami perubahan fisik apabila disimpan di dalam kulkas, tidak akan terdapat lapisan minyak beku pada permukaannya.

Oleh karena itu minyak zaitun jenis inilah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia dan telah banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk herbal yang banyak beredar. Dengan begitu Anda tidak perlu repot membuat sendiri dan mengolah minyak zaitun untuk mengatasi masalah kesehatan pada tubuh Anda.

Itulah fakta minyak zaitun atau olive oil yang perlu Anda ketahui, karena banyak orang selama ini belum menyadari hebatnya kandungan di dalam minyak zaitun atau olive oil ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *