Category Archives: Berbagi Tips Kesehatan

Tips Mengurangi Berat Badan Secara Cepat dan Alami

tips mengurangi berat badan secara alamiMempunyai tubuh yang gemuk pun menjadi hambatan untuk semua orang. Terutama kaum perempuan biasanya ingin selalu terlihat menarik dengan berat badan yang seimbang sehingga dapat menimbulkan kepercayaan diri kembali. Segala jenis usaha diterapkan untuk mempunyai tubuh yang seimbang. Namun, sebagian besar orang terpengaruh dengan langkah yang cepat dan tidak sulit untuk dilakukan. Dalam mengurangi berat badan Anda wajib memahami jenis-jenis makanan penurun berat badan, yaitu antara lain :

  1. Telur

Telur mengandung kaya protein dan rendah kalori sehingga bisa menghasilak efek yang mengenyangkan dalam waktu yang cukup lama.

  1. Kacang Almond

Kacang almond pun bermanfaat dalam melindungi kadar gula di dalam daraj supay selalu seimbang.

  1. Yogurt

Yogurt mengandung lemak, protein, dan karbohidrat sehingga bisa mendukung menahan rasa lapar dengan tips melindungi kadar gula darah selalu stabil.

  1. Keju

Keju adalah buatan dari susu yang diawetkan dengan ragi. Keju memiliki kandungan asam linoleat yang yang melimpah sehingga bisa mendukung dalam menghancurkan lemak.

Bukan hanya itu saja macam-macam makanan penurun berat badan terdapat juga dengan bentuk suplemen penurun berat badan. Anda bisa mendapatkannya di apotik-apotik disekitar Anda.

Selai itu adan pun jenis-jenis buah penurun berat badan yaitu :

  1. Buah Apel

Apel menganding serat. Buah ini pun bisa mendukung menawarkan rasa kenyang dam melindungi keseimbangan metabolisme di dalam tubuh.

  1. Buah Pir

Pir beukuran sedang mengandung serat. Buah ini mengandung air yang cukup tinggi sehingga bisa memberikan efek yang mengenyangkan perut yang cukup lama.

  1. Buah Tomat

Tomat mengandung serat bermanfaat melindungi dan memberikan dampak dari hormon cholecyistokinin (CCK) dan mempunyai senyawa lycopene yang bermanfaat dalam menjaga kulit dari seniar matahari dan untuk menghindari kanker.

Buah-buahan diatas pun bisa digunakan menjadi jus penurun berat badan.

Selain jenis buah-buahan dan makanan yang bisa mengurangi berat badan sekarang ini pun ada produk susu penurun berat badan. Susu ini sudah banyak dipasarkan di supermaket atau minimarket disekitar Anda. Masih banyak lagi tips untuk mengurangi berat badan, sakarang ini terdapat juga jamu pengurang berat badan. Jamu ini pun ada yang berbentuk teh sehingga tidak sulit untuk digunakan.

Dalam minuman penurun berat badan misalnya susu tertentu untuk mendukung mengurangi berat badan pun bisa Anda gunakan sebagai tips yang simple dan mudah sebab hanya dengan mengkonsumsinya saja. Bila Anda ingin mengolah jamu tradisional penurun berat badan, Anda bisa memakai ramuan-ramuan alami seperti madu, kayu manis, teh hijau dan kunyit asam. Baca juga Fakta Minyak Zaitun atau Olive Oil Yang Perlu Anda Ketahui

Dengan jaman modern saat ini, Anda pun bisa menggunakan peralatan penurun berat badan yang telah tersedia di indonesia. Adapun macam-macam olahraga penurun berat seperti bersepeda, tenis, badminton, jalan cepat, renang, dan joging.

Tips mengurangi berat badan tanpa berolahraga pun bisa Anda terapkan dengan mengkonsumsi macam-macam buah-buahan dan makanan yang bisa mendukung dalam mengurangi berat badan. Namun bila disertai dengan berolahraga maka Anda akan memperoleh efek yang optimal.

 

 

 

Cara Mencegah Gagal Ginjal

Cara mencegah Gagal Ginjal – Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring darah agar darah yang mengalir ke seluruh tubuh terbebas dari racun racun yang dapat membahayakan tubuh. Namun apa jadi nya jika ginjal sudah tidak berfungsi lagi, maka darah yang mengalir ke seluruh tubuh akan membawa racun racun yang dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh kita. Hilangnya fungsi ginjal ini biasa disebut gagal ginjal. Untuk itu sangat penting menjaga kesehatan ginjal. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya penyakit gagal ginjal:

1. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyebab dari terjadinya penyakit gagal ginjal. Untuk itu sangat perlu mengontrol kadar tekanan dalam darah, salah satu nya adalah dengan berolah raga.
2. Stop merokok
Di artikel mana pun yang berhubungan dengan kesehatan pasti ada kalimat yang mengharuskan anda untuk berhenti merokok. Tentunya itu bukan sembarang tanpa alasan. Hal tersebut dikarenakan rokok mengandung segudang zat kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, salah satu nya dapat meningkatkan resiko gagal ginjal. Selain itu asap rokok dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti jantung, impotensi, kanker, dan lain lain.

3. Konsumsi bawang putih
Bawang putih memiliki khasiat dapat mengurangi kadar tekanan dalam darah, selain itu bawang outih memiliki khasiat menghambat terjadinya penggumpalan darah dengan demikian tekanan darah akan tetap normal. Hal ini tentunya dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit gagal ginjal.

4. Berhenti mengkonsumsi alkohol

Salah satu penyebab fatal terjadinya kerusakan pada ginjal adalah seringnya mengkonsumsi alkohol. Alkohol akan memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras dalam menyaring darah yang tercemar karena kandungan alkohol, jika sering meminum alkohol maka ginjal akan selalu bekerja dengan keras yang nantinya akan merusak fungsi ginjal.

Baca artikel menarik seputar obat herbal gagal ginjal.

5. Minum banyak air putih

Salah satu cara yang dapat mencegah penyakit ini adalah dengan meminum air putih yang cukup, minimal delapan gelas setiap harinya ini dapat mengurangi resiko penyakit gagal ginjal.
Nah itu lah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit gagal ginjal. Semoga dengan membaca artikel ini anda dapat mengetahui dan dapat meminimalisir resiko gagal ginjal. Semoga bermanfaat.

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan Manusia

gambar temulawak

gambar temulawak

Khasiat Temulawak tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tanaman herbal ini sering dijadikan salah satu campuran dalam minuman Jamu karena memiliki banyak kandungan baik didalamnya. Tidak hanya itu, Temulawak atau Curcuma Xanthorriza ini sebenarnya memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit sehingga tanaman ini sering dimanfaatkan baik dalam pengobatan medis maupun non-medis.

Kandungan dan Khasiat Temulawak
Temulawak sendiri mengandung Fellandrean dan Turmenol atau Minyak Menguap, Minyak Atsiri, Kamfer, Glukosida, Foluymetik Karbinol dan Kurkuminoid. Kurkuminoid sendiri terdiri dari Kurkumin serta Desmetoksikurkumin yang berkhasiat untuk menetralkan racun, menyembuhkan penyakit nyeri sendi, menurunkan kadar Kolesterol dan Trigliserida dalam darah. Kandungan Mintak Atsiri dalam Temulawak bermanfaat sebagai Antibakteri dan Antioksidan. Minyak Atsiri juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan lemak dalam sel-sel hati yang dapat mengakitbatkan banyak penyakit. Tidak hanya itu saja, manfaat baik Minyak Atsiri dalam Temulawak juga berfungsi untuk meningkatkan hasil produksi Getah Empedu yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan jaringan. Berdasarkan kandungannya, khasiat Temulawak dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk juga untuk menambah nafsu makan, bahkan untuk melancarkan dan memperbanyak produksi Air Susu Ibu atau ASI.

Manfaat yang terkandung dalam tanaman yang mirip Kunyit ini dapat dirasakan dengan memadukan beberapa jenis tanaman herbal lainnya seperti Lengkuas, Daun Kumis Kucing, Kunyit serta Biji Sesawi. Khasiat Temulawak yang umum diketahui adalah mengatasi gangguan pencernaan seperti Perut Kembung, Dyspepsia dan Indisgestion; Mengurangi Osteoarthritis atau peradangan pada sendi-sendi; Menyembuhkan Kanker Payudara, Usus dan Prostat.
Secara khusus, untuk memperoleh khasiat Temulawak, anda dapat membuat Jamu, tentunya dengan mencampur beberapa tumbuhan herbal lainnya seperti yang sudah dijelaskan diatas. Semial, untuk menyembuhkan sakit Limfa parut Temulawak sebanyak 2 rimpang dan Lengkuas sebanyak ½ rimpang, kemudian rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, lalu minum sekali sehari. Untuk sakit Ginjal, Iris tipis-tipis Temulawak sebanyak 2 rimpang, kemudian rebus bersama dengan daun Kumis Kucing sebanyak 1 genggam dan Daun Kacabeling sebanyak 1 genggam ke dalam 1 liter air lalu minum. Kemudian, untuk sakit Pinggang, rebus Temulawak sebanyak 1 rimpang, Kunyit sebanyak 1 rimpang dan daun Kumis Kucing sebanyak 1 genggam ke dalam 1 liter air, saring, lalu minum sekali sehari. Terlebih lagi, Temulawak dapat digunakan untuk mengobati penyakit Asma. Untuk itu, iris tipis-tipis 1 ½ rimpang Temulawak, jemur dan keringkan. Kemudian rebus dengan air putih sebanyak 5 gelas, bisa juga ditambah dengan Gula Aren sebanyak 1 potong. Untuk sakit Maag, siapkan Temulawak sebanyak 1 rimpang, diangin-anginkan selama kurang lebih 10 menit kemudian rebus dengan 5 sampai 7 gelas air putih, saring lalu minum sehari sekali. Untuk memperbanyak produksi ASI, parut Temulawak sebanyak 1 ½ rimpang, kemudian tambahkan Tepung Saga secukupnya bersama dengan air panas secukupnya, aduk hingga menjadi bubur lalu makan biasa.
Tanaman herbal ini sangat bermanfaat bukan? Sangat disarankan jika anda ingin menanam Temulawak di halaman rumah anda yang mana sekali-kali bisa anda petik untuk dijasikan Jamu dan obat untuk berbagai penyakit. Untuk menanam Temulawak sendiri pastikan agar terhindar dari terik matahari langsung. Suhu udara yang baik untuk tanaman ini adalah sekitar 19-30O Celcius. Jangan lupa juga untuk memupuk tanah dimana anda menanam Temulawak untuk memberi unsur hara yang cukup pada tanah. Demikianlah khasiat Temulawak.

sumber : www.herbpathy.com