Category Archives: Berbagi Tips Pengobatan

Kenali Gejala dan Cara Menyembuhkan Penyakit Kaki Gajah

Banyak orang yang memilih untuk datang ke dokter sebagai cara menyembuhkan kaki gajah. Karena penyakit ini cukup menganggu jika sudah terjadi pembengkakan pada bagian kaki.Padahal sebenarnya penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis nyamuk ini bisa diatasi dengan cara yang lebih alami. Kaki gajah sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh lebih dari 23 jenis nyamuk antara lain Anopheles, Culex, Aedes, Mansonia dan Armigeres. Siklus penyebaran penyakit ini dari penderita kepada calon penderita cukup cepat. Kaki gajah juga diketahui sebagai penyakit tahunan yang sangat merugikan penderitanya. Bekas yang ditimbulkan dari penyakit ini tidak bisa hilang jika tidak ada penanganan khusus sehingga dapat menyebabkan cacat bagi penderitanya.

Gejala dan Cara Penanggulangan Kaki Gajah

Kaki gajah biasanya diawali dengan demam tinggi hingga 3-5 hari yang tidak kunjung sembuh. Biasanya demam tersebut akan sembuh setelah pasien kaki gajah beristirahat. Tetapi kambuh lagi saat pasien mengalami kelelahan. Selain demam, pasien kaki gajah juga akan mengalami pembengkakan kelenjar pada saluran kelenjar getah bening di lipatan paha. Kemudian muncul warna kemerahan serta rasa sakit pada ketiak yang menandakan terjadinya peradangan. Rasa panas biasanya dimulai dari kaki hingga lengan kemudian lanjut pada tungkai, lengan, buah dada, dan buah zakar. Maka dari itu cara menyembuhkan kaki gajah harus segera dilakukan agar tidak semakin menganggu.

Jalan utama yang umumnya digunakan orang-orang sebagai cara menyembuhkan kaki gajah adalah dengan pergi ke dokter. Karena jika telah terjadi pembengkakan maka pihak yang berwenang untuk mengatasinya adalah tenaga medis. Dalam pencegahannya, penduduk yang tinggal di daerah endemis filaria biasanya mengonsumsi obat filaria. Obat tersebut bertujuan untuk membunuh mikro filaria yang ada dalam tubuh. Biasanya akan menimbulkan reaksi demam selama 2-3 hari sebagai bentuk reaksi tubuh dalam usaha untuk mengeluarkan mikro filaria dari seluruh tubuh. Selain itu obat filaria juga dapat menimbulkan diare, gatal-gatal di seluruh tubuh, serta mual dan muntah.

Baca juga artikel kesehatan lainnya tentang Obat Herbal Kanker Darah dan Leukimia Paling Ampuh

Tentunya masih ada lagi cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi kaki gajah. Sembari mengonsumsi obat dari dokter, anda juga bisa menggunakan cara alami yaitu dengan mengonsumsi berbagai ramuan atau makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, E, dan zat besi. Tujuannya untuk memberikan sistem imunitas yang lebih tinggi. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur agar kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi juga penting untuk dilakukan. Kemudian cobalah untuk menggunakan ramuan dari ekstrak kulit manggis dan madu sebagai obat untuk menormalkan kembali sel-sel abnormal dalam tubuh sekaligus mematikan virus, bakteri, dan parasit penyebab penyakit kaki gajah. Untuk mencegah agar tidak terkena gigitan nyamuk, anda bisa memasang kelambu dan menggunakan obat nyamuk. Demikianlah beberapa cara menyembuhkan kaki gajah.

Sumber : www.everydayhealth.com

Cara Mengatasi Ayan yang Sedang Kambuh

penyakit ayan

penyakit ayan

Bagaimana cara mengatasi ayan yang sedang kambuh? Mungkin anda bisa tertawa begitu mendengar pertanyaan sebelumnya. Tapi ketika dihadapkan pada kondisi tersebut, dijamin anda akan merasa bingung. Salah satu gejala ayan atau epilepsi yang dikenal adalah ketika seseorang tiba-tiba terkapar seperti pingsan, namun sesaat kemudian ia mulai kejang-kejang. Tentunya untuk menangani penderita ayan yang sedang kambuh, anda tidak bisa sembarangan. Anda perlu mengetahui cara yang tepat untuk menolong. Bagi anda yang belum tahu, epilepsi atau ayan merupakan gangguan sistem saraf pusat dimana aktivitas sel saraf pada otak terganggu. Sehingga menyebabkan tubh menjadi kejang, termasuk kehilangan kesadaran. Serangan epilepsi sendiri sangat beragam. Ada yang hanya berupa kaku sambil menatap kosong, tetapi lebih sering dikenal yang berupa kejang.

Pertolongan Pertama untuk Ayan
Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara mengatasi ayan yang sedang kambuh, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu penyebab dari penyakit ini. Para peneliti sendiri memiliki kesimpulan bahwa serangan ayan bisa terjadi akibat lonjakan aktivitas di sel-sel otak. Tetapi belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan munculnya lonjakan tersebut. Tetapi ada beberapa faktor yang mungkin berpengaruh. Misalnya seperti pengaruh genetik, cedera kepala, cedera saat masa kehamilan, hingga infeksi penyakit atau kelainan pada otak.
Tentunya ketika ada seseorang yang terkena serangan penyakit epilepsi, harus ada pertolongan pertama yang dilakukan. Sama halnya seperti ketika ada orang yang pingsan. Langkah pertama dalam cara mengatasi ayan yang sedang kambuh adalah, anda atau orang yang berada di sekitarnya harus menunggu dan membiarkan serangan tersebut mereda. Jangan lupa untuk memastikan bahwa keadaan di sekelilingnya aman dan ia dapat bernapas dengan baik. Kedua, jika serangan epilepsi masih berlanjut lebih dari lima menit, atau tidak lama setelah serangan pertama terjadi lagi yang baru, segeralah memanggil ambulans. Terutama jika sang pasien tidak segera sadar setelah serangan epilepsi mereda. Paling tidak, hal-hal tersebut bisa anda lakukan untuk penderita epilepsi.

Mungkin sebagian dari anda mejadi bertanya-tanya, apakah hanya itu yang bisa dilakukan selama serangan epilepsi berlangsung? Tentunya saja tidak. Dalam beberapa cara mengatasi ayan, disebutkan bahwa orang-orang di sekitar penderita bisa mencarikan sesuatu yang empuk untuk bantalan kepalanya. Kemudian jangan lupa juga untuk menyingkirkan benda-benda tajam yang ada di sekitarnya. Jika kejang sudah berhenti, segera baringkan penderita epilepsi pada posisi pemulihan. Selebihnya, pertolongan pertama tidak dapat menangani serangan agar langsung berhenti seketika. Tetapi dapat membantu penderita epilepsi pasca terjadinya serangan melalui posisi pemulihan. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai posisi pemulihan yang dimaksud.

Posisi pemulihan yang dimaksud dalam cara mengatasi ayan adalah, anda berlutut di samping penderita epilepsi. Kemudian tekuklah salah satu lengannya ke atas di samping kepala. Selanjutnya, letakkan telapak tangan anda di samping pipinya secara perlahan. Lalu tahan dengan satu tangan anda. Kemudian, gunakan tangan anda yang lain untuk menarik salah satu lutut penderita epilepsi ke arah anda. Sehingga posisi lutut kini berada di atas kaki yang lain. Kemudian, gulingkan badannya ke samping. Lalu majukan lututnya hingga menyentuh lantai. Langkah berikutnya, posisikan kepala penderita epilepsi menengadah ke atas sehingga ia bisa lebih leluasa dalam bernapas. Setelah penderita epilepsi sadar, biasanya ia akan merasa bingung dan mengantuk. Maka sebaiknya anda menenangkannya lalu bantu untuk berdiri kembali. Setelah itu bawa ke ruang yang nyaman untuk beristirahat hingga ia merasa pulih dan dapat beraktivitas kembali.

Sebenarnya, serangan ayan atau epilepsi bisa dikendalikan frekuensinya. Seseorang hanya perlu mengurangi atau menghindari faktor yang dapat memicu terjadinya serangan epilepsi. Salah satu faktor pemicunya adalah stres dan kurang tidur. Seseorang yang menderita epilepsi membutuhkan waktu istirahat yang cukup serta rutin. Tidak ketinggalan juga olahraga agar stresnya bisa berkurang. Serangan epilepsi juga bisa dicegah dengan obat tertentu. Tetapi hal ini bisa dikonsultasikan dengan dokter. Demikianlah beberapa informasi mengenai cara mengatasi ayan atau epilepsi yang sedang kambuh, semoga dapat menjadi informasi yang berguna.

Beberapa Cara Mengobati Usus Buntu dengan alami dan aman

Penyakit Usus Buntu

Penyakit Usus Buntu

Salah satu penyakit yang sebenarnya tidak terlalu kita ketahui namun bisa berakibat fatal mungkin adalah usus buntu. Oleh sebab itu orang orang yang pada dasarnya telah didiagnosis usus buntu seharusnya mencara cara mengobati usus buntu dengan alami dan cepat karena hal tersebut bisa menyelamatkan nyawa mereka dan juga bisa menghemat uang karena tidak perlu melakukan operasi usus buntu yang tergolong mahal dan juga cukup menyita waktu kita untuk penyembuhan. Oleh sebab itu disini kami akan membantu sobat dengan memberikan beberapa contoh cara mengobati usus buntu dengan efektif dana man sehingga sobat tidak perlu melakukan operasi, selamat mencoba.

Cara cara mengobati usus buntu dengan alami dan aman
Cara mengobati usus buntu yang pertama cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Pertama tama kita harus mempersiapkan ramuan herbal yang terdiri dari kunir dan jeruk nipis. Ya benar sekali kunir dan jeruk nipis yang sederhana rupanya bisa digunakan untuk mengobati jeruk nipis lho. Nah pertama tama yang perlu anda lakukan adalah memarut kunir lalu mengambil airnya setelah itu jangan lupa untuk memeras jeruk nipis dan ambil juga airnya. Campurkan kedua hasil perasaan herbal ini dengan gula merah dan juga garam yang setelah itu diseduh dengan air panas. Untuk pemakaiannya kita hanya perlu meminum ramuan ini 2 kali sehari setiap harinya untuk hasil yang maksimal dan efektif.

Cara mengobati usus buntu yang kedua akan membutuhkan buah mengkudu. Buah mengkudu memang buah yang bermanfaat selain sehat dan juga lezat buah mengkudu bisa anda gunakan untuk mengobati usus buntu dengan cepat dan aman. Pertama tama yang perlu anda lakukan ada mencuci buah mengkudu sampai bersih lalu peras buah mengkudu sampai sari airnya keluar dengan cepat. Setelah itu persiapkan madu secukupnya dan campurkan dengan perasan air mengkudu. Minumlah air campuran mengkudu dan madu ini 2 kali sehari untuk mendapatkan efek yang terbaik dan penyakit usus buntu sobat akan segera hilang dengan cepat.

Itulah beberapa cara mengobati usus buntu dengan alami dan juga aman dibandingkan dengan kita harus pergi menjalani operasi, beberapa cara di atas sudah teruji dengan baik dan pastinya akan memberikan hasil yang terbaik. Selain itu karena car acara yang telah kami sebutkan itu kebanyakan menggunakan cara alami maka kita tidak perlu khawatir akan efek samping yang bisa saja disebabkan apabila dibandingkan dengan harus menjalani operasi usus buntu. Nah semoga beberapa cara mengobati usus buntu yang kami sebutkan dan jelaskan bisa memberikan anda solusi dalam mengatasi masalah penyakit usus buntu yang mengganggu dan juga cukup berbahaya apabila tidak ditangani.

Beberapa Cara Mengobati Usus Buntu dengan alami dan aman
Salah satu penyakit yang sebenarnya tidak terlalu kita ketahui namun bisa berakibat fatal mungkin adalah usus buntu. Oleh sebab itu orang orang yang pada dasarnya telah didiagnosis usus buntu seharusnya mencara cara mengobati usus buntu dengan alami dan cepat karena hal tersebut bisa menyelamatkan nyawa mereka dan juga bisa menghemat uang karena tidak perlu melakukan operasi usus buntu yang tergolong mahal dan juga cukup menyita waktu kita untuk penyembuhan. Oleh sebab itu disini kami akan membantu sobat dengan memberikan beberapa contoh cara mengobati usus buntu dengan efektif dana man sehingga sobat tidak perlu melakukan operasi, selamat mencoba.

Cara cara mengobati usus buntu dengan alami dan aman

Cara mengobati usus buntu yang pertama cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Pertama tama kita harus mempersiapkan ramuan herbal yang terdiri dari kunir dan jeruk nipis. Ya benar sekali kunir dan jeruk nipis yang sederhana rupanya bisa digunakan untuk mengobati jeruk nipis lho. Nah pertama tama yang perlu anda lakukan adalah memarut kunir lalu mengambil airnya setelah itu jangan lupa untuk memeras jeruk nipis dan ambil juga airnya. Campurkan kedua hasil perasaan herbal ini dengan gula merah dan juga garam yang setelah itu diseduh dengan air panas. Untuk pemakaiannya kita hanya perlu meminum ramuan ini 2 kali sehari setiap harinya untuk hasil yang maksimal dan efektif.

Cara mengobati usus buntu yang kedua akan membutuhkan buah mengkudu. Buah mengkudu memang buah yang bermanfaat selain sehat dan juga lezat buah mengkudu bisa anda gunakan untuk mengobati usus buntu dengan cepat dan aman. Pertama tama yang perlu anda lakukan ada mencuci buah mengkudu sampai bersih lalu peras buah mengkudu sampai sari airnya keluar dengan cepat. Setelah itu persiapkan madu secukupnya dan campurkan dengan perasan air mengkudu. Minumlah air campuran mengkudu dan madu ini 2 kali sehari untuk mendapatkan efek yang terbaik dan penyakit usus buntu sobat akan segera hilang dengan cepat.

Itulah beberapa cara mengobati usus buntu dengan alami dan juga aman dibandingkan dengan kita harus pergi menjalani operasi, beberapa cara di atas sudah teruji dengan baik dan pastinya akan memberikan hasil yang terbaik. Selain itu karena car acara yang telah kami sebutkan itu kebanyakan menggunakan cara alami maka kita tidak perlu khawatir akan efek samping yang bisa saja disebabkan apabila dibandingkan dengan harus menjalani operasi usus buntu. Nah semoga beberapa cara mengobati usus buntu yang kami sebutkan dan jelaskan bisa memberikan anda solusi dalam mengatasi masalah penyakit usus buntu yang mengganggu dan juga cukup berbahaya apabila tidak ditangani.

sumber : www.healthline.com